Upaya yang Harus Dilakukan Saat Memasuki Masa Pubertas bagi Remaja
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah. Sumber: gaelle marcel/unsplash
Ilustrasi upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah. Sumber: gaelle marcel/unsplash

Upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah yang pertama menjaga dan mengontrol emosi. Saat memasuki masa puber, suasana hati seorang remaja dapat cepat berubah.

Saat masa puber, seorang remaja akan mengalami perubahan fisik yang drastis. Pada masa itu, tidak jarang seorang remaja mengalami kesulitan dengan fase yang dialaminya. Untuk itu, perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan.

Upaya yang Harus Dilakukan saat Memasuki Masa Puber Adalah?

Ilustrasi upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah. Sumber: duy pham/unsplash
Ilustrasi upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah. Sumber: duy pham/unsplash

Kata pubertas berasal dari kata latin yang berarti "usia kedewasaan". Kata ini lebih menunjuk pada perubahan fisik daripada perubahan perilaku yang terjadi pada saat individu secara seksual menjadi matang dan mampu memberikan keturunan.

Mengutip buku Psikologi Perkembangan Bacaan Wajib (Calon) Orangtua dan Pendidik, Rahmi Anekasari (2017), masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan dewasa yang pada umumnya dimulai pada usia 12 atau 13 tahun.

Pubert adalah periode dalam rentang perkembangan ketika anak-anak menuju remaja, yang berubah dari makhluk aseksual menjadi makhluk seksual. Dalam masa puber, ada tahap perkembangan di mana terjadi kematangan alat seksual dan kemampuan reproduksi.

Pada sebagian remaja, ada kesulitan dalam menghadapi masa puber yang mau tidak mau harus dijalani. Agar mampu melewatinya, upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah sebagai berikut.

1. Menjaga dan Mengontrol Emosi

Pada masa puber, seorang akan sering naik turun perasaannya. Khususnya pada remaja perempuan memasuki masa puber yang ditandai dengan menstruasi. Untuk itu, cobalah sebisa mungkin menjaga dan mengontrol emosi.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Saat masa puber, perlu asupan makanan sehat agar alat seksual dan kemampuan reproduksi dapat berkembang dengan baik.

3. Lebih Menjaga Kebersihan

Masa puber adalah masa perubahan fisik yang drastis dalam diri seorang remaja. Untuk itu, seorang remaja perlu lebih menjaga kebersihan diri khususnya alat seksual.

4. Memahami Perubahan Fisik

Saat puber, fisik akan berubah secara drastis. Remaja perlu memahami bahwa itu adalah bagian dari pertumbuhan saat masa puber.

5. Bertanya Kepada Orang Tua/Ahli

Jika dirasa membutuhkan bantuan tidak ada salahnya bertanya tentang puber kepada orang tua atau ahli seperti dokter.

Baca Juga: Alasan Mengapa Perlu Edukasi dalam Menghadapi Masa Puber

Seluruh upaya yang harus dilakukan saat memasuki masa puber adalah wajib dilakukan. Hal tersebut untuk kesehatan mental seorang remaja agar lebih terjaga yang pada akhirnya diharapkan mampu melewati masa puber. (ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/upaya-yang-harus-dilakukan-saat-memasuki-masa-pubertas-bagi-remaja-229Hm3OghyS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations