Usai Beras dan Gula, India Kini Setop Ekspor Bawang Bombai
Kebijakan India menyetop ekspor beras, gula, dan bawang bombai bisa berdampak ke Indonesia. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi bawang bombai. Foto: Volodymyr Plysiuk/Shutterstock
Ilustrasi bawang bombai. Foto: Volodymyr Plysiuk/Shutterstock

Pemerintah India memutuskan menyetop ekspor bawang bombai sejak Kamis (7/12) sampai 31 Maret 2024. Langkah tersebut menyusul kebijakan India sebelumnya yang sudah menyetop ekspor beras dan gula sejak Juli 2023.

Mengutip Reuters, India sebelumnya telah memberlakukan harga ekspor minimum senilai USD 800 per metrik ton hingga 31 Desember 2023. Hal itu sebagai upaya mengendalikan lonjakan harga lokal dan mengamankan pasokan.

Tentunya, larangan ekspor tersebut berdampak kepada Indonesia. Mengingat, India adalah negara pemasok beras utama di Tanah Air.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, mengatakan proporsi beras impor asal India tercatat hanya sebesar 0,39 persen dari total impor beras Indonesia yang mencapai USD 116,82 juta.

Beras yang dijajakan di kios beras di Pasar Cijantung, Pasar Rebo Jakarta Timur pada Sabtu (7/10/2023). Foto: Widya Islamiati/kumparan
Beras yang dijajakan di kios beras di Pasar Cijantung, Pasar Rebo Jakarta Timur pada Sabtu (7/10/2023). Foto: Widya Islamiati/kumparan

"Sejak India melakukan restriksi atau larangan ekspor di Juli tahun ini, proporsi beras impor asal India terus menurun dan bahkan menjadi sangat kecil di bulan-bulan terakhir. Kalau kita lihat pada September 2023, proporsi impor beras asal India ini hanya memberikan kontribusi sebesar 0,39 persen dari total impor beras," kata Amalia dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Senin (16/10).

Akhirnya, Indonesia mencari pemasok beras dari negara lain yakni Vietnam dan Thailand dengan pangsa pasar 74,06 persen dan 24,35 persen. "Jadi proporsi impor beras Indonesia paling besar berasal dari Vietnam dan Thailand," tutur Amalia.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/usai-beras-dan-gula-india-kini-setop-ekspor-bawang-bombai-21jyAvOFGAo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations