Video: Program Susu Gratis Prabowo Hadapi Tantangan
Program susu gratis yang digaungkan Prabowo Subianto hadapi dua tantangan besar: 1) dari sisi produksi susu dalam negeri yang tak mencukupi, dan 2) dari sisi anggaran yang begitu besar. #kumparanNEWS

Program susu gratis yang digaungkan Prabowo Subianto hadapi dua tantangan besar: 1) dari sisi produksi susu dalam negeri yang tak mencukupi, dan 2) dari sisi anggaran yang begitu besar—setara dengan nilai proyek IKN Nusantara yang lebih dari Rp 450 triliun.

Faktanya, hampir 80% bahan baku susu yang beredar di Indonesia sebetulnya adalah hasil impor. Saat ini pun, dari kebutuhan susu di Indonesia yang sekitar 4,4 juta ton per tahun, produksi susu segar dalam negeri tak sampai 1 juta ton. Persisnya hanya 968 ribu ton, sedangkan sisanya harus diimpor dari Australia dan Selandia Baru.

Alhasil, program susu gratis dikhawatirkan justru menguntungkan importir dan peternak asing. Indikasinya terlihat dari gelagat Timses Prabowo-Gibran, termasuk Gibran sendiri, yang kerap bagi-bagi susu ultra high temperature (UHT), bukan susu segar pasteurisasi.

Soal pembiayaan, Prabowo yakin ini bisa diatasi Ada dana pendidikan dan bansos yang bisa direalokasi. Timsesnya juga berkata, ada “celengan rahasia” yang bisa digunakan sebagai sumber pendanaan baru.

Bagaimanapun, ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai, besarnya anggaran susu dan makan siang gratis akan memerlukan efisiensi APBN di segala lini. Yang paling mudah adalah dengan menghemat belanja pegawai, memotong perjalanan dinas, dan memotong tunjangan ASN—yang sudah pasti bakal ditentang ASN.

Ia memandang, melanjutkan proyek IKN Nusantara sekaligus meluncurkan program susu dan makan siang gratis tidaklah realistis. Total biaya yang dibutuhkan untuk keduanya bisa mencapai Rp 1 kuadriliun.

Harus pilih: mau makan siang dan susu gratis, atau bangun IKN? Ini saling mengunci.
- Bhima Yudhistira, Celios

Simak selengkapnya pada video di atas.

Peternak sapi perah di Madiun mengemas susu hasil produksinya. Kalau bukan susu segar dari produsen lokal seperti ini, tapi susu kemasan UHT, maka yang diuntungkan dari program susu gratis adalah importir dan peternak Australia serta Selandia Baru. Foto: ANTARA/Siswowidodo
Peternak sapi perah di Madiun mengemas susu hasil produksinya. Kalau bukan susu segar dari produsen lokal seperti ini, tapi susu kemasan UHT, maka yang diuntungkan dari program susu gratis adalah importir dan peternak Australia serta Selandia Baru. Foto: ANTARA/Siswowidodo
https://kumparan.com/kumparannews/video-program-susu-gratis-prabowo-hadapi-tantangan-21t3diWvzea

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations