3 Contoh Keragaman Sandang dalam Budaya Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi sebutkan tiga contoh keragaman sandang - Sumber: pixabay/over50travelandlifestyle
Ilustrasi sebutkan tiga contoh keragaman sandang - Sumber: pixabay/over50travelandlifestyle

Indonesia adalah negara yang sangat beragam. Sebutkan tiga contoh keragaman sandang di Indoensia! Contoh keragaman sandang tercermin dalam beragam busana tradisional yang berasal dari berbagai suku dan budaya yang ada di seluruh nusantara.

Keragaman sandang adalah salah satu aspek penting dari keberagaman budaya dalam masyarakat. Bukan hanya sekadar soal busana atau gaya berpakaian, tetapi mencerminkan kekayaan warisan budaya, identitas kelompok, serta perkembangan budaya

Sebutkan Tiga Contoh Keragaman Sandang!

Ilustrasi sebutkan tiga contoh keragaman sandang - Sumber: pixabay.com/beaamaya
Ilustrasi sebutkan tiga contoh keragaman sandang - Sumber: pixabay.com/beaamaya

Keragaman sandang adalah beragamnya pakaian, busana, dan kostum yang ada dalam suatu budaya atau masyarakat. Mencakup variasi dalam gaya, desain, bahan, warna, dan motif pakaian yang digunakan oleh individu atau kelompok dalam suatu komunitas.

Keragaman sandang tercermin dalam beragamnya busana tradisional, busana sehari-hari, busana upacara, dan busana modern yang digunakan oleh masyarakat. Keragaman sandang biasanya mencerminkan identitas budaya, etnis, regional, atau agama dari individu atau kelompok tertentu.

Berdasarkan buku Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik SD/MI Kelas 3, Moh.Zulkifli, S. Pd, K. Zagita, S. Pd, (2022), Pakaian tradisional atau adat sering digunakan dalam upacara adat, ritual keagamaan, atau acara-acara khusus untuk mempertahankan warisan budaya dan memperkuat identitas budaya suatu komunitas.

Jika diminta untuk sebutkan tiga contoh keragaman sandang, inilah jawabannya:

1. Sandang dari Kulit Kayu

Jenis sandang ini masih banyak digunakan di pedesaan, terutama oleh suku-suku yang terisolir dari perkotaan. Sandang dari kulit kayu memiliki keunikan tersendiri dan sering digunakan untuk menyesuaikan dengan kondisi dan budaya setempat.

2. Sandang dari Kulit Hewan

Sandang ini terbuat dari kulit hewan dan seringkali memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan bahan lainnya. Penggunaannya dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan dan kebutuhan masyarakat.

3. Sandang dari Serat Tumbuhan

Sandang yang terbuat dari serat tumbuhan adalah jenis pakaian atau aksesoris yang menggunakan serat dari tanaman sebagai bahan utamanya. Seperti katun, linen, jute, rami, dan lain-lain.

Serat tumbuhan ini dipilih untuk digunakan dalam pembuatan kain karena beberapa alasan. Mulai dari keunggulan mereka dalam hal kekuatan, ketahanan terhadap aus, dan kemampuan yang baik dalam menyerap air.

Baca Juga: Filosofi Baju Pesa’an, Pakaian Adat Jawa Timur dari Madura

Itu tadi pembahasan untuk menjawab pertanyaan sebutkan tiga contoh keragaman sandang. Dengan memahami dan menghargai keragaman sandang, kita dapat lebih memahami kompleksitas dan kekayaan budaya manusia, khususnya di Indonesia. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-contoh-keragaman-sandang-dalam-budaya-indonesia-22REA26J0Jn

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations