4 Ketentuan D4 untuk Lanjut S2
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden

Apakah D4 bisa lanjut S2? Pertanyaan tersebut banyak menjadi pembahasan bagi mahasiswa lulusan jenjang D4 yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu S2.

Pendidikan D4 ini sendiri merupakan pendidikan setara dengan S1 atau sarjana strata 1. Dengan begitu, banyak mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Apakah D4 Bisa Lanjut S2?

Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/lilartsy
Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/lilartsy

Dikutip dari dalam buku berjudul Manajemen Perguruan Tinggi, Prof. Dr. Syahrizal Abbas (2008:88) pendidikan tinggi adalah pendidikan pada jalur pendidikan sekolah berupa jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah.

Dalam penyelenggaraannya, di Indonesia terdapat beberapa program pendidikan tinggi, contohnya seperti program akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut bahkan universitas. Untuk program universitas, jenjang pendidikan yang disediakan mulai dari S1, S2, serta S3.

Untuk dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, seorang mahasiswa perlu menyelesaikan pendidikan yang lebih awal terlebih dahulu. Misalnya saja untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, mahasiswa perlu menyelesaikan pendidikan di jenjang S1 atau strata 1.

Jenjang pendidikan strata satu atau S1 disebut sederajat dengan jenjang pendidikan D4 atau sarjana terapan. Maka dari itu, banyak mahasiswa yang mempertanyakan apakah D4 bisa lanjut S2? Jawabannya adalah bisa.

Ketentuan bagi Lulusan D4 untuk Melanjutkan S2

Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi Apakah D4 Bisa Lanjut S2? Foto: dok. Unsplash/Thought Catalog

Lulusan D4 atau sarjana terapan dapat melanjutkan studinya ke jenjang S2 dengan memperhatikan ketentuan masing-masing perguruan tinggi yang dituju.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan yang umum diberikan bagi mahasiswa lulusan D4 yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau strata dua:

  • Menjalani program matrikulasi sesuai dengan jurusan yang diambil selama 1-2 semester

  • Pemilihan jurusan yang linear dengan jurusan yang diambil sebelumnya saat menyelesaikan pendidikan D4

  • Lulus ujian masuk yang diberikan.

  • Telah mendapat penyetaraan S1 sesuai dengan jurusan yang diambil.

Selain syarat tersebut, terdapat beberapa syarat lainnya yang mungkin diberikan sesuai dengan jurusan yang diambil dan universitas yang dituju untuk melanjutkan program pendidikan S2.

Baca juga: Rekomendasi dan Daftar Beasiswa S2 dalam Negeri untuk Melanjutkan Pendidikan

Pemaparan mengenai apakah D4 bisa lanjut S2 beserta ketentuannya dapat dimanfatkan sebagai persiapan sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-ketentuan-d4-untuk-lanjut-s2-2217VWeBjES

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations