Ganjar Akan Pakai Lapas Nusakambangan untuk Koruptor Jika Terpilih di 2024
Ganjar menyebut, Lapas Nusakambangan dijadikan lapas khusus napi koruptor akan memberikan efek jera kepada mereka. #newsupdate #update #news #text
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpose dengan latar belakang pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).  Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpose dengan latar belakang pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo akan menjadikan Lapas Nusakambangan sebagai penjara khusus napi koruptor jika terpilih menjadi Presiden di 2024. Menurutnya, langkah itu akan memberikan efek jera.

"Tempatnya terpencil jauh dari mana-mana, masih banyak semak belukar. Dulu ada napi terkenal namanya Johny Indo yang melarikan diri sampai dijadikan film. Setuju enggak kalau koruptor dimasukkan sana?" tanya Ganjar yang dijawab setuju oleh mahasiswa, Sabtu (9/12).

Pemberantasan korupsi memang menjadi PR besar bagi bangsa Indonesia ke depan. Ganjar yang maju berpasangan dengan Mahfud MD itu akan mengambil sikap tegas dalam memberantas korupsi. Menurut data yang diperoleh, negara mengalami kerugian akibat korupsi mencapai Rp 42 triliun.

"Padahal dengan uang Rp 42 triliun kalau untuk bangun puskesmas senilai Rp 5 miliar bisa jadi 8.400 puskesmas," terangnya.

Bukan hanya itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga berkomitmen memperkuat KPK sehingga kembali menjadi lembaga yang independen.

"Kalau kemudian orang sudah marah pada situasi koruptif, maka kita harus melakukan tindakan yang ekstra seperti menguatkan KPK dan bikin KPK makin independen. Dan kita bawa pejabat koruptor ke Nusakambangan," ungkapnya.

Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock
Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Shutterstock

Ganjar Sebut Korupsi Harus Diberantas

Ganjar menegaskan, korupsi harus dilawan dan diberantas dari bumi Indonesia. Dia menilai, korupsi adalah tindakan amoral yang sangat merugikan rakyat.

"Pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), menjadi salah satu prioritas yang akan diberantas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, pada Pilpres 2024," ungkap Ganjar.

Politikus PDIP itu mengatakan, rakyat sudah sangat marah terhadap perilaku pejabat yang korup. Karena itu, pemberantasan korupsi harus dilakukan dengan memperkuat posisi KPK dan institusi penegak hukum lainnya.

Selain itu, penanganan tindak pidana korupsi dilakukan melalui pengesahan UU Perampasan Aset dan penerapan kurikulum anti-KKN sejak di bangku sekolah. Sehingga perang melawan KKN bisa dilakukan seluruh elemen masyarakat sejak dini.

"Independensi KPK harus dipertahankan dan dijaga. Ingat, kita harus menyeret para pelaku tindak korupsi ke Nusakambangan. Saya bersama Prof Mahfud membawa gagasan untuk menggandakan anggaran, sikat KKN, dan poles birokrasi. Sebab korupsi membuat penerimaan negara tidak optimal. Korupsi harus dilawan karena membuat masyarakat kita susah,” pungkas Ganjar.

https://kumparan.com/kumparannews/ganjar-akan-pakai-lapas-nusakambangan-untuk-koruptor-jika-terpilih-di-2024-21jgbYA3y4l

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations