Kategori Kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup Formal dan Nonformal
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Sumber: Pexels/Kampus Production
Ilustrasi sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Sumber: Pexels/Kampus Production

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan program pendidikan dengan tujuan mengubah sikap dan perilaku manusia supaya bisa memelihara lingkungannya. Sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup!

Kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup terbagi menjadi dua, yakni karetegori formal dan nonformal. Masing-masing memiliki cirikhasnya tersendiri.

Sebutkan dan Jelaskan Kategori Kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup!

Ilustrasi sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Sumber: Pexels/Anna Shvets
Ilustrasi sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Sumber: Pexels/Anna Shvets

Apabila diminta untuk sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup, sebaiknya ketahui dulu apa yang dimaksud dengan pendidikan lingkungan hidup. Secara sederhana, maksud dari pendidikan lingkungan hidup adalah pendidikan yang membantu peserta didik memahami hubungan makhluk hidup dan lingkungan alamnya

Sementara itu, berdasarkan Modul 1 Sejarah dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup yang ditulis oleh Dra. Mestika Sekarwinahyu, M.Pd, pendidikan lingkungan hidup adalah upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.

Kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup terbagi menjadi dua, yakni PLH formal dan PLH nonformal. Berikut ini penjelasannya.

1. Pendidikan Lingkungan Hidup Formal

PLH formal adalah kegiatan pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan di lembaga pendidikan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi.

Pendidikan formal merupakan salah satu bentuk pendidikan lingkungan hidup yang penting, karena di dalamnya siswa diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup sejak usia dini.

Dalam pendidikan formal, siswa belajar tentang konsep-konsep dasar lingkungan hidup, seperti sumber daya alam, polusi, keanekaragaman hayati, dan manajemen lingkungan.

2. Pendidikan Lingkungan Hidup Nonformal

PLH nonformal adalah kegiatan pendidikan lingkungan hidup yang dilakukan di luar lembaga pendidikan formal, seperti pelatihan, seminar, workshop, dan kegiatan lain yang bersifat nonformal.

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, atau sektor swasta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan cara-cara untuk melakukannya.

Pendidikan lingkungan hidup dapat pula dilaksanakan melalui media sosial, kampanye publik, dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup.

Baca juga: Pengertian Kualitas Lingkungan Hidup dan Ciri-Cirinya

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan lingkungan hidup secara terus-menerus, diharapkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup semakin meningkat.

Kesadaran yang tinggi pada akhirnya dapat melindungi lingkungan hidup untuk masa depan yang lebih baik. Demikianlah jawaban dari soal sebutkan dan jelaskan kategori kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Semoga bermanfaat. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/kategori-kegiatan-pendidikan-lingkungan-hidup-formal-dan-nonformal-22YQfcdK2f6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations