Ledakan Tungku Smelter PT ITSS: Luhut Turun Tangan, Tim AMIN Kritik Hilirisasi
Menko Marves Luhut B Pandjaitan terjunkan tim ke lokasi ledakan smelter PT ITSS. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Aktivitas karyawan kembali berangsur usai ledakan tungku smelter pabrik PT ITSS Morowali, Minggu (24/12/2023). Foto: PT IMIP
Aktivitas karyawan kembali berangsur usai ledakan tungku smelter pabrik PT ITSS Morowali, Minggu (24/12/2023). Foto: PT IMIP

Ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (PT ITSS) di area PT IMIP Morowali pada Sabtu (24/12) lalu menyebabkan korban tewas sebanyak 16 orang.

Berbagai tindak lanjut dilakukan oleh pemerintah, salah satunya oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi, mengatakan pihaknya meminta penyelidikan menyeluruh untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut agar pihak kawasan berkomitmen untuk transparansi dan akan membagikan informasi segera setelah tersedia.

“Untuk memastikan bahwa semua aspek penanganan kecelakaan ini berjalan sesuai rencana, tim dari Kemenko Marves akan segera berangkat untuk memeriksa kondisi di lapangan,” kata Jodi kepada kumparan, Senin (25/12).

Jodi menjelaskan, Kemenko Maritim dan Investasi telah meminta pihak kawasan untuk mengutamakan penanganan korban dan keluarga mereka.

Kemenko Marves melakukan koordinasi intensif dengan PT Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat untuk memastikan bahwa respons dilaksanakan cepat dan efektif.

“Pihak kawasan telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab atas penanganan pasca kecelakaan, termasuk dukungan emosional bagi keluarga korban dan analisis menyeluruh atas penyebab kecelakaan,” ujar Jodi.

Jodi menyampaikan, langkah tersebut untuk memastikan bahwa semua aspek kecelakaan ini ditangani dengan serius dan profesional.

Timnas AMIN: Dampak Hilirisasi yang Tak Inklusif

Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba di JCC Senayan, Jakarta, jelang debat Cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba di JCC Senayan, Jakarta, jelang debat Cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Ledakan smelter juga mendapat perhatian dari Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN).

“Turut berduka sedalam-dalamnya atas 59 korban dari kebakaran di kawasan IMIP," kata Juru bicara (Jubir) Muda Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Hari Akbar, di Jakarta (25/12/2023).

Menurut Akbar, kasus kebakaran di kawasan PT.IMIP adalah salah satu dampak dari hilirisasi. Hilirisasi yang tidak inklusif menyebabkan banyak kerugian di masyarakat.

Mulai dari kerusakan lingkungan, tidak hadirnya kesejahteraan sampai standar keselamatan kerja yang tidak dipikirkan. Akbar mengungkapkan berdasarkan kronologis sejumlah sumber di lapangan.

"Kronologi kawan-kawan yang ada di lapangan, tungku smelter sebenarnya sudah bocor dan harus diperbaiki dengan menghentikan proses produksi," ungkap Hari.

Hanya saja kata Hari, masih dipaksakan terus berproduksi dan akhirnya banyak memakan korban. Ia mendorong pemerintah harus mengevaluasi ulang standar keselamatan kerja pada smelter-smelter ini.

Jangan hanya mementingkan investor dengan narasi hilirisasi dan akhirnya masyarakat jadi korbannya.

"Kalau mas Gibran beberapa waktu lalu bicara hilirisasi terus, ini bisa dilihat kerja pak Jokowi terkait hilirisasi yang jelas banyak merugikan,” ujarnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ledakan-tungku-smelter-pt-itss-luhut-turun-tangan-tim-amin-kritik-hilirisasi-21qHJnj4n5C

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations