Pleno Rekapitulasi Kota Manado Tuntas, Prabowo-Gibran Raih 71,89 Persen Suara
Oleh Manado Bacirita
Prabowo Subianto disambut antusias masyarakat Sulawesi Utara yang rela menunggu di pinggir jalan.
Prabowo Subianto disambut antusias masyarakat Sulawesi Utara yang rela menunggu di pinggir jalan.

MANADO - Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kota Manado akhirnya tuntas, Selasa (5/3) malam ini. Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berhasil unggul di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih 195.305 suara dari jumlah pemilih sah sebanyak 271.645 suara di Kota Manado. Artinya, ada 71,89 persen pemilih di Kota Manado yang mencoblos Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden (pilpres).

Sementara itu, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, meraih 28.592 suara. Adapun pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hanya mampu meraih total 47.748 suara.

Perolehan suara Prabowo-Gibran sendiri selalu signifikan di 11 Kecamatan yang ada di Kota Manado. Mereka memenangi semua kecamatan dengan angka yang jauh dari dua pesaingnya.

Namun yang menariknya adalah kekalahan total dari pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud. Pasalnya, jika melihat persoalan suara partai pendukung pasangan ini yakni PDIP, mereka menguasai perolehan suara, bahkan bisa dikatakan mendominasi.

Tak hanya itu, di dua Kecamatan masing-masing Tuminting dan Singkil Ganjar-Mahfud berada di posisi buncit, karena perolehan suara Anies-Muhaimin lebih unggul. Data pleno menunjukkan jika Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 4.614 suara di Tuminting dan 4.457 suara di Singkil.

Angka ini di bawah Anies-Muhaimin yang berhasil meraih 6.076 suara di Tuminting, dan 6.257 suara di Singkil. Sementara Prabowo-Gibran perkasa dengan raihan 21.400 suara di Tuminting dan 20.678 di Singkil.

Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, menjelaskan jika total suara sah pemilih di Kota Manado sebesar 271.645 suara. Menurut Ferley, untuk suara yang tidak sah berjumlah 1.948 suara.

"Jika ditotal, ada 273.593 warga yang menyalurkan hak pilih mereka di 11 Kecamatan di Kota Manado pada Pemilu 2024 ini," ujar Ferley kembali.

manadobacirita

https://kumparan.com/manadobacirita/pleno-rekapitulasi-kota-manado-tuntas-prabowo-gibran-raih-71-89-persen-suara-22IBoYvxc6N

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations