Di Balik Momen Cium Tangan Kaesang ke Puan
Apa saja fakta di balik pertemuan Puan dan Kaesang tersebut?
#newsupdate #update #news #text
Ketum PSI Kaesang Pangarep bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan keterangan pers terkait  pertemuan yang dilakukan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Ketum PSI Kaesang Pangarep bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan keterangan pers terkait pertemuan yang dilakukan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan jajaran DPP PSI bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Ombe Koffie, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10) siang.

Dari pantauan di lokasi, Kaesang ditemani istrinya, Erina Gudono, Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie, Anggota Dewan Pembina Isyana Bagoes Oka dan Sekjen DPP Raja Juli Antoni.

Sementara Puan ditemani Ketua DPP PDIP Said Abdullah dan jajaran DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) dan Taruna Merah Putih (TMP). Kedua organisasi ini merupakan organisasi sayap PDIP yang mayoritas pengurusnya adalah anak muda.

Kaesang dan Puan datang bersamaan sekitar pukul 13.40 WIB.

Kaesang mengenakan kemeja berwarna coklat muda dengan aksen garis-garis berwarna hitam, warna baju ini senada dengan yang dikenakan oleh Erina. Sementara Puan mengenakan baju hitam.

Sebelumnya Said Abdullah menuturkan, pertemuan ini bertujuan untuk merayu Kaesang agar bekerja sama mendukung capres Ganjar Pranowo.

Kaesang Minta Maaf Kepada Puan: Dulu Teman-teman PSI Mencela, Rendahkan PDIP

Ketum PSI, Kaesang Pangarep cium tangan Puan Maharani saat pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Ketum PSI, Kaesang Pangarep cium tangan Puan Maharani saat pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Kaesang mengatakan, ini merupakan pertemuan formal pertama PSI dan PDIP. Namun, pertemuan ini berlangsung tidak formal karena dilakukan di sebuah kafe.

"Ini pertemuan formal tapi informal pertama dari PSI dengan PDIP. Bener-bener paling pertama karena di tempat netral bukan di kantor kami atau PDIP," kata Kaesang.

Kaesang menuturkan, ada banyak hal dibahas bersama Puan. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada Puan.

"Biasa tadi ada beberapa obrolan serius, karena kami keluarga jadi lebih santai. Tadi saya minta maaf untuk teman-teman PSI yang dulu bisa dibilang mencela, merendahkan PDIP," ucap Kaesang.

"Saya dari PSI, minta maaf kepada Mba Puan secara langsung, ini pesta demokrasi harus gembira, santun, dan santuy," kata Kaesang.

Puan Usai Pertemuannya dengan Kaesang: Santai seperti Kakak-Adik

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani (50), menceritakan momen ngopi santainya dengan Ketum PSI sekaligus putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep (28).

“Saya sampaikan bahwa pertemuan dengan Mas Kaesang ini sebetulnya kan ini pertemuan formal pertama yang dilakukan secara informal,” kata Puan.

“Tadinya kita cuma mau makan-makan pisang goreng, minum-minum kopi, sambil nyantai antara kakak sama adiknya,” lanjut Puan.

Puan menggambarkan hubungannya dengan Kaesang seperti tanpa jarak, layaknya hubungan saudara.

Puan Terima Maaf Kaesaang soal Kader PSI Cela PDIP: Jangan Terulang Lagi

Puan Maharani menerima permintaan maaf dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Kaesang meminta maaf atas kesalahan kader terdahulu yang dinilai merendahkan dan mencela PDIP.

"Jadi kesalahpahaman ataupun kemudian misskomunikasi yang mungkin pernah terjadi jangan sampai terulang dan terjadi lagi," kata Puan usai bertemu Kaesang di Ombe Koffie, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10) siang

Puan mengatakan, tidak ada masalah antara dirinya dengan PSI maupun Kaesang.

"Ini masalahnya cuma masalah teknis komunikasi yang belum nyambung, Alhamdulillah hari ini kita nyambung," ucap Puan.

Seloroh Kaesang Saat Ngopi Bareng Puan: Pertemuan 2 Anak Presiden

Ketum PSI, Kaesang Pangarep (kiri) cium tangan Puan Maharani saat pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Dok. PSI
Ketum PSI, Kaesang Pangarep (kiri) cium tangan Puan Maharani saat pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (5/10). Foto: Dok. PSI

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, berseloroh soal pertemuannya dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Kaesang menyebut momentum ngopi bareng ini sebagai pertemuan antara dua anak presiden.

“Kami ini sebenarnya sudah seperti keluarga. Bapak saya, kakak ipar, kakak saya juga semuanya kan di PDIP. Balik lagi bapak saya selama ini selalu didukung oleh Mbak Puan dan teman-teman di PDIP,” kata Kaesang saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

"Saya rasa kami sudah seperti keluarga sendiri, sama-sama anak presiden, ya, Mba Puan." Kaesang.

Tak Ada Kesepakatan Dukung Ganjar di Pertemuan Puan dan Kaesang

Pertemuan ini juga memunculkan isu PSI akan bergabung dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Mengingat, PSI pernah mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar-Yenny Wahid jauh sebelum PDIP resmi mengusung Ganjar.

Apakah kabar itu jadi kenyataan?

"Ini, kan, balik lagi, ini pertemuan kami formal informal yang pertama kali, habis ini pasti kami akan mengajukan komunikasi lebih lanjut," jawab Kaesang usai pertemuan dengan Puan di Ombi Coffee, Jalan HOS Cokroaminoto, Kamis (5/10).

Senada dengan Kaesang, Puan juga memastikan pertemuan ini sebagai pembuka saja. Tentu ada komunikasi lebih lanjut setelah ini.

"Jadi kita berusaha menyatukan semangat yang ada, semangat untuk membangun bangsa dan negara. Tentu setelah ini, ini bukan komunikasi yang terakhir atau komunikasi awal, tapi komunikasi yang lebih intensif akan kami lakukan," kata Puan.

https://kumparan.com/kumparannews/di-balik-momen-cium-tangan-kaesang-ke-puan-21K4pqv5FHX

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations