Diselimuti Kabut Asap Lagi, Kualitas Udara di Mempawah Sudah Tak Sehat
Oleh Hi Pontianak
Petugas Memadamkan Api di Lokasi Karhutla di Kabupaten Mempawah. Foto: Muhammad Zain
Petugas Memadamkan Api di Lokasi Karhutla di Kabupaten Mempawah. Foto: Muhammad Zain

Hi!Pontianak - Kota Mempawah, Kalimantan Barat kembali diselimuti kabut asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sehingga menyebabkan udara di sudah tak sehat. Pantauan Hi!Pontianak kondisi kabut asap semakin tebal jika dibandingkan dengan hari hari sebelumnya. Pasar Mempawah, Kabupaten Mempawah, dan sekitarnya kembali diselimuti kabut asap Karhutla pada Jumat siang, 6 Oktober 2023.

Data Pengukuran Konsentrat Partikulat BMKG. Foto: Muhammad Zain.
Data Pengukuran Konsentrat Partikulat BMKG. Foto: Muhammad Zain.

Berdasarkan data pengukuran Konsentrasi Partikulat (PM2.5) BMKG kualitas udara di Mempawah sudah masuk zona kuning atau kategori tidak sehat. Hasil pengukuran terbaru atau pada pukul 11.00 WIB, konsentrasi partikulat udara di Mempawah mencapai 92.90 (µgram/m3). Angka tersebut masuk dalam kategori tidak sehat atau zona kuning.

Pada pagi hari atau sekitar pukul 07.00 WIB kualitas udara sebenarnya masih masuk zona biru atau kategori sedang, dengan konsentrasi partikulat udara sebesar 45.00 (µgram/m3). Namun mulai pukul 08.00 WIB konsentrasi partikulat udara justru semakin meningkat menjadi 59.30 (µgram/m3). Sehingga kualitas udara mulai masuk kategori tidak sehat atau berada di zona kuning.

https://kumparan.com/hipontianak/diselimuti-kabut-asap-lagi-kualitas-udara-di-mempawah-sudah-tak-sehat-21KKHHelKdz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations