Ketahui Jadwal Minggu Palma 2024 dan Sejarahnya dalam Alkitab
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi kapan Minggu Palma 2024 - Sumber: Unsplash/Brady Leavell
Ilustrasi kapan Minggu Palma 2024 - Sumber: Unsplash/Brady Leavell

Hari Minggu terakhir sebelum merayakan Paskah ada satu peristiwa yang disebut dengan Minggu Palma. Kapan Minggu Palma 2024 dirayakan?

Sesuai dengan namanya, Minggu Palma, di hari itu umat akan beribadah sembari membawa daun palem. Nantinya akan ada acara perarakan sebelum masuk ke gereja.

Kapan Minggu Palma 2024?

Ilustrasi kapan minggu palma 2024? - Sumber: Pexel/Toni Cuen
Ilustrasi kapan minggu palma 2024? - Sumber: Pexel/Toni Cuen

Mengutip buku Memahami Rabu Abu, Prapaskah, dan Minggu Palma. I. Marsana Windhu (2017), Prapaskah merupakan masa sebelum Hari Raya Paskah. Umat Katolik meyakininya sebagai puncak Tahun Liturgi yang perlu dipersiapkan dengan baik.

Pada masa Prapaskah ini ada satu peristiwa yang dinamakan Minggu Palma. Kapan Minggu Palma 2024? Pada tahun ini, Minggu Palma akan dirayakan pada tanggal 24 Maret 2024.

Sejarah Minggu Palma

Ilustrasi kapan minggu palma 2024? - Sumber: Unsplash/Grant Whitty
Ilustrasi kapan minggu palma 2024? - Sumber: Unsplash/Grant Whitty

Minggu Palma merupakan pembuka dari Pekan Suci yang dimulai pada hari Minggu Prapaskah VI. Umat Katolik dan Protestan biasa menyebutnya dengan istilah Minggu Palma Sengsara Tuhan (Dominica in Palmis de Passione Domini).

Mengutip buku Natal dan Paskah: Perayaan Liturgis dalam Dua Lingkaran, C.H. Suryanugraha (2021), tujuan perayaan Minggu Palma yaitu untuk mengenangkan kesengsaraan Tuhan Yesus. Pada momen ini, umat diajak untuk mengenangkan suatu peristiwa penebusan lewat sengsara, wafat, dan kebangkitan.

Landasan peringatan Minggu Palma ada dalam Alkitab Perjanjian Baru, yakni di Matius 21 dengan perikop berjudul "Yesus dielu-elukan di Yerusalem". Selain di Kitab Matius, peristiwa penting ini juga dicatat dalam Markus 11, Lukas 19, dan Yohanes 12.

Perayaan Minggu Palma adalah untuk mengenang masuknya Yesus Kristus yang memasuki kota Yerusalem sebelum disalibkan. Pada saat itu Yesus memasuki Yerusalem menggunakan keledai dan disambut oleh penduduk Yerusalem. Mereka mengelu-elukan Yesus seperti seorang raja.

Ini merupakan peristiwa yang menjadikan Minggu Palma sebagai Pekan Suci, yang fokus pada pekan terakhir Yesus Kristus di kota Yerusalem.

Baca juga: Perjamuan Kudus: Arti dan Maknanya untuk Pengorbanan Yesus

Sejarah singkat tentang Minggu Palma penting untuk diketahui selain bertanya kapan Minggu Palma 2024. Dengan mengetahui sejarah ini, umat pun bisa makin khusyuk dalam beribadah di masa Paskah. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/ketahui-jadwal-minggu-palma-2024-dan-sejarahnya-dalam-alkitab-22JO6VkACy2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations