PSSI Ancam Bakal Sikat Habis Wasit Tak Adil
PSSI siap berikan hukuman penjara dan larangan berada di lingkungan sepak bola seumur hidup bagi wasit yang terbukti curang. #kumparanBOLA
Ketua PSSI Erick Thohir dalam FIFA Football Summit 2023. Foto: PSSI
Ketua PSSI Erick Thohir dalam FIFA Football Summit 2023. Foto: PSSI

Menjelang bergulirnya pekan krusial Liga 1, PSSI siap berikan ancaman keras kepada wasit yang terindikasi tidak adil sehingga merusak jalannya pertandingan. Liga 1 hanya tinggal menyisakan 6 pekan, 4 tim peringkat teratas akan kembali diadu dalam fase Championship Series.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tegas mengatakan, siap menyikat habis para oknum wasit yang terbukti tidak adil dalam memimpin jalannya laga. Sanksi penjara hingga larangan berada di lingkungan sepak bola seumur hidup, jadi ancaman hukuman dari PSSI bagi para oknum wasit tersebut.

"Saya pastinya dan semua jajaran pimpinan PSSI bertindak tegas. Kalau wasit yang main (curang) kita sikat. Kalau perlu masuk penjara. Kemarin kan sudah ada beberapa wasit yang bahkan ditangkap. Kami sudah putuskan di PSSI siapa yang curang dihukum seumur hidup," tegas Erik Thohir pada wartawan di Jakarta, Kamis (14/3).

Penggunaan VAR di Indonesia. Foto: kumparan
Penggunaan VAR di Indonesia. Foto: kumparan

Erick Thohir menjelaskan hal tersebut dilakukan demi menjaga martabat dan profesionalisme Liga 1. Rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Championship Series dan Liga 1 pada musim depan juga menjadi senjata PSSI untuk mengurangi angka kecurangan dalam pertandingan.

"Apalagi kita juga mendorong bahwa ada penggunaan VAR, berarti kan berkurang," tambahnya.

Teknologi VAR direncanakan siap digunakan dalam Championship Series dan Liga 1 musim depan. Uji coba VAR turut telah dilakukan PSSI pada pertandingan Final EPA U-20 di Stadion Manahan Solo beberapa waktu lalu.

Tersisa 6 pekan di Liga 1, Borneo FC menjadi satu-satunya tim yang telah memastikan tiket Championship Series.

https://kumparan.com/kumparanbola/pssi-ancam-bakal-sikat-habis-wasit-tak-adil-22Lj7YOo3JI

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations