Tes CPNS Apa Saja? Ini Daftar Materi Ujian untuk Dipelajari Peserta Ujian
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tes CPNS Apa Saja. Foto: dok. Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu
Ilustrasi Tes CPNS Apa Saja. Foto: dok. Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu

Pertanyaan “tes CPNS apa saja?” menjadi topik pembahasan masyarakat belakangan ini. Hal ini disebabkan pendaftaran CPNS kini telah dibuka kembali bagi seluruh warga negara Indonesia yang berminat untuk menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Agar dapat lulus seleksi, maka calon pendaftar perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui informasi materi ujian yang akan diberikan dalam ujian seleksi CPNS.

Daftar Tes CPNS untuk Dipelajari Peserta Ujian

Ilustrasi Tes CPNS Apa Saja. Foto: dok. Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu
Ilustrasi Tes CPNS Apa Saja. Foto: dok. Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu

Mengutip buku berjudul Rahasia Sukses Tes CPNS yang disusun oleh Puspa Swara, dkk (2011:2), peserta tes CPNS perlu menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi CPNS.

Kiat yang dapat dilakukan agar lulus tes CPNS adalah dengan informasi dari setiap instansi tentang penerimaan CPNS, banyak berlatih dan memperluas ilmu pengetahuan. Dalam tes CPNS, terdapat Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

Berdasarkan PermenPAN-RB No. 27 tahun 2021, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD terbagi ke dalam tiga kategori materi antara lain, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut penjelasannya.

1. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Dalam tes ini, meliputi beberapa materi seperti kemampuan verbal yang meliputi tes analogi, silogisme, dan analitis. Selain itu, dalam tes ini juga menguji kemampuan numerik peserta dengan materi ujian meliputi berhitung sederhana, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.

Tes intelegensi umum juga menguji kemampuan figural peserta ujian dengan materi tes berupa analogi gambar, ketidaksamaan, dan serial yang menyajikan soal pola hubungan dalam bentuk gambar. Total soal materi tes ini sebanyak 35 soal.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan calon peserta ujian, maka terdapat materi yang diujikan seperti nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, serta materi Bahasa Indonesia. Total soal untuk Tes Wawasan Kebangsaan berjumlah 30 soal.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Materi tes CPNS ini berisi tes yang membahas kemampuan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), profesionalisme, hingga anti radikalisme. Materi ujian ini berisi 45 soal.

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal Tes Analogi Verbal untuk Psikotes CPNS

Demikian pembahasan tes CPNS apa saja yang penting untuk diketahui calon pendaftar CPNS. Informasi detail materi tes CPNS ini dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri agar lulus seleksi dengan baik. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/tes-cpns-apa-saja-ini-daftar-materi-ujian-untuk-dipelajari-peserta-ujian-20zPFmj0Lvc

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations