Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku! Cari Tahu di Sini
Oleh Berita Terkini
Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Roman
Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Roman

Sebutkan contoh-contoh benda yang bersudut siku-siku! Dalam matematika dan geometri, sudut siku-siku adalah sudut yang terbentuk ketika dua garis atau sisi bertemu dan membentuk sudut 90 derajat, atau seperempat dari putaran penuh.

Sudut-sudut yang tajam ini tidak hanya memberikan kekuatan dan kestabilan pada benda-benda tersebut. Namun, juga membuatnya lebih mudah untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku!

Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Anoushka
Sebutkan Contoh-Contoh Benda yang Bersudut Siku-Siku. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Anoushka

Sebutkan contoh-contoh benda yang bersudut siku-siku! Benda-benda seperti itu sering disebut sebagai benda yang bersudut siku-siku. Dikutip dari buku Mathematics 3B, Yohanes (2012: 93), sudut yang dimiliki oleh benda-benda ini biasanya membentuk sudut 90 derajat.

Berikut adalah beberapa contoh benda yang bersudut siku-siku.

1. Kotak

Kotak adalah salah satu contoh paling umum dari benda yang bersudut siku-siku. Dinding-dindingnya membentuk sudut 90 derajat di setiap sudutnya, membuatnya sangat sesuai untuk menyimpan barang-barang.

2. Lemari

Lemari juga merupakan contoh benda yang bersudut siku-siku. Banyak lemari memiliki sudut-sudut yang tajam pada bagian-bagian seperti sudut pintu dan sudut-sudut rak di dalamnya.

3. Bingkai

Bingkai biasanya terbuat dari kayu, logam, atau plastik, dan terdiri dari empat sisi yang membentuk persegi panjang atau persegi. Setiap sudut dari bingkai tersebut membentuk sudut 90 derajat atau sudut siku-siku.

4. Meja dan Kursi

Meja dan kursi juga termasuk benda-benda yang bersudut siku-siku. Kaki meja dan kaki kursi biasanya membentuk sudut 90 derajat dengan permukaan lantai.

5. Jendela dan Pintu

Jendela dan pintu umumnya memiliki sudut-sudut yang bersiku-siku. Bagan-bagan pada pintu dan jendela membentuk sudut 90 derajat dengan bingkainya.

6. Buku

Meskipun buku bukanlah benda yang memiliki bentuk fisik yang sama dengan contoh-contoh sebelumnya, namun buku juga dapat dianggap sebagai benda yang bersudut siku-siku. Hal ini karena sudut-sudut buku yang terlipat membentuk sudut-sudut yang tajam.

7. Kardus

Kardus adalah contoh lain dari benda yang bersudut siku-siku. Ketika dirakit, kardus membentuk kotak dengan sudut-sudut yang tajam.

8. Kaca Cermin

Kaca cermin juga memiliki sudut-sudut yang bersiku-siku. Sudut-sudut kaca cermin yang terbentuk dari sambungan antara sisi kaca juga membentuk sudut 90 derajat.

Baca juga: 5 Soal Ujian Sekolah Matematika Kelas 9 dan Pembahasannya

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, "Sebutkan contoh-contoh benda yang bersudut siku-siku dalam matematika!". (Gin)

https://kumparan.com/berita-terkini/sebutkan-contoh-contoh-benda-yang-bersudut-siku-siku-cari-tahu-di-sini-22idv4gV9uX

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations