Mengenal Kawasan Asia Tenggara
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Kawasan Asia Tenggara Adalah Pertemuan Jalur Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteeania. Hal Tersebut Menyebabkan Kawasan Asia Tenggara. Sumber: Unsplash/Maksym Kaharlytskyi
Ilustrasi Kawasan Asia Tenggara Adalah Pertemuan Jalur Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteeania. Hal Tersebut Menyebabkan Kawasan Asia Tenggara. Sumber: Unsplash/Maksym Kaharlytskyi

Kawasan Asia Tenggara merupakan pertemuan jalur pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Hal tersebut menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki kondisi tanah yang subur.

Pasalnya, pertemuan daratan benua dan samudra mengakibatkan wilayah ini mempunyai kekayaan sumber alam yang melimpah dan strategis.

Kawasan Asia Tenggara adalah Pertemuan Jalur Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteeania, Hal tersebut Menyebabkan Kawasan Asia Tenggara Memiliki Kondisi Tanah yang Subur

 Ilustrasi Kawasan Asia Tenggara Adalah Pertemuan Jalur Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteeania. Hal Tersebut Menyebabkan Kawasan Asia Tenggara. Sumber: Unsplash/Max Zed
Ilustrasi Kawasan Asia Tenggara Adalah Pertemuan Jalur Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteeania. Hal Tersebut Menyebabkan Kawasan Asia Tenggara. Sumber: Unsplash/Max Zed

Dikutip dari buku Geografi dan Sosiologi (IPS Terpadu) SMP kls 9, Dra.Umasih,dkk, (hal 61), Asia Tenggara merupakan suatu region (wilayah) yang memiliki ciri khas. Misalnya, dalam bidang kebudayaan dan penduduknya yang berbeda dengan kawasan lain.

Kawasan Asia Tenggara adalah pertemuan jalur pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Hal tersebut menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki beberapa akibat, yaitu:

1. Banyak Gunung Berapi Aktif

Pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediterania merupakan jalur pertemuan dua lempeng tektonik, yaitu lempeng pasifik dan lempeng eurasia.

Lempeng-lempeng tektonik ini saling bertumbukan dan menyebabkan terjadinya pelelehan magma di bawah permukaan bumi. Magma yang meleleh kemudian naik ke permukaan bumi dan membentuk gunung berapi.

Berikut adalah beberapa contoh gunung berapi aktif di kawasan Asia Tenggara.

  • Gunung Krakatau di Indonesia

  • Gunung Merapi di Indonesia

  • Gunung Sinabung di Indonesia

  • Gunung Pinatubo di Filipina

  • Gunung Agung di Indonesia

  • Gunung Semeru di Indonesia

2. Sering Terjadi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi karena adanya pergeseran lempeng tektonik. Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediterania.

Berikut adalah beberapa contoh gempa bumi yang pernah terjadi di kawasan Asia Tenggara.

  • Gempa bumi Aceh pada tahun 2004

  • Gempa bumi Lombok pada tahun 2018

  • Gempa bumi Palu pada tahun 2018

  • Gempa bumi Myanmar pada tahun 2011

  • Gempa bumi Sumatra Utara pada tahun 2013

  • Gempa bumi Sumatra Barat pada tahun 2009

Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk mitigasi bencana alam di kawasan ini.

Upaya-upaya tersebut dapat berupa edukasi kepada masyarakat tentang potensi bencana alam, pembangunan infrastruktur yang tahan gempa, dan pengembangan sistem peringatan dini bencana alam.

3. Tanah subur

Abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi merupakan sumber unsur hara yang baik untuk tanah. Hal ini menyebabkan tanah di kawasan Asia Tenggara menjadi subur dan cocok untuk pertanian.

4. Memiliki Banyak Sumber Daya Alam

Kawasan Asia Tenggara memiliki banyak sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam, dan mineral. Hal ini karena kawasan ini merupakan kawasan yang rawan gempa bumi dan gunung meletus.

Gempa bumi dan gunung meletus dapat menyebabkan batuan di bawah permukaan bumi menjadi retak dan terbuka. Retakan-retakan ini kemudian menjadi tempat berkumpulnya minyak bumi, gas alam, dan mineral.

Baca Juga: Letak Astronomis dan Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kawasan Asia Tenggara merupakan pertemuan jalur pegunungan muda sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Hal tersebut menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung berapi aktif, sering terjadi gempa bumi, tanah subur, dan memiliki banyak sumber daya alam. (glg)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-kawasan-asia-tenggara-22fXWQEsSwb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations