Warga OKI Resah Banyak Gajah Liar Masuk Pemukiman
Oleh Urban Id
Ilustrasi Gajah : Shutterscok
Ilustrasi Gajah : Shutterscok

Warga Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) dibuat takut dengan adanya kawanan gajah liar yang masuk di halaman rumah warga.

Camat Tulung Selapan, Saleh Nawawi mengaku berdasarkan laporan warga ada 37 ekor gajah yang berkeliaran di dekat permukiman warga. Dirinya menyebutkan gajah tersebut berasal dari kawasan Air Sugihan

"Setiap tahun pasti akan kembali lagi ke sini," kata dia, Kamis 4 Januari 2024.

Saleh menerangkan, sudah satu bulan terakhir kawanan gajah tersebut mondar-mandir di pemukiman warga Desa Simpang Tiga Sakti. Dirinya pun mengakui wilayah pemukiman yang ada merupakan wilayah jelajah gajah.

"Kalau rumah tidak ada yang dirusak, namun hasil kebun warga seperti pisang dan lainnya habis dimakan gajah-gajah itu," jelas dia.

Warga yang rumahnya dilalui gajah memilih untuk mengungsi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi. Tak sampai di sana, mereka pun sudah melapor ke BKSDA Sumsel untuk menggiring kembali gajah yang ada.

"Selaku pemerintah kecamatan, kami saat ini BKSDA bersama PT SBA telah turun ke lokasi guna mengusir gajah-gajah tersebut," ungkap dia.

Sementara itu, Komandan Koramil Tulung Selapan (Danramil) Kapten Army Joyo membenarkan adanya gajah yang memasuki wilayah pemukiman. Pihaknya pun turut membantu BKSDA guna mengantisipasi hal buruk di wilayah pemukiman warga.

"Kami terus memantau situasi saat ini, semoga tidak terjadi hal buruk bagi warga setempat," tutup dia.

https://kumparan.com/urbanid/warga-oki-resah-banyak-gajah-liar-masuk-pemukiman-21u4AeEZBEL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations